Friday, September 6, 2013

Pengertian dan Pemahaman tentang Konsultasi


Konsultasi NurSyifa'. Menurut kamus besar bahasa Indonesia konsultasi sendiri di artikan sebagai pertukaran pikiran untuk mendapatkan kesimpulan (nasihat, saran, dsb) yg sebaik-baiknya, memberikan suatu petunjuk, pertimbangan, pendapat atau nasihat dalam penerapan, pemilihan, penggunaan suatu teknologi atau metodologi yang didapatkan melalui pertukaran pikiran untuk mendapatkan suatu kesimpulan yang sebaik-baiknya. 

Pengertian Konsultasi adalah suatu bentuk hubungan tolong menolong yang dilakukan oleh seorang profesional (konsultan) kepada konsultee (keluarga atau individu) dalam hubungannya menyelesaikan masalah. 

Konsultasi menurut wiktionary adalah sebuah pertemuan atau konferensi untuk saling bertukar informasi dan saran. Konsultasi didefinisikan oleh Audit Commission (1999) sebagai sebuah proses dialog yang mengarah kepada sebuah keputusan.

Definisi tersebut menyiratkan empat Aspek dalam Konsultasi :
Konsultasi adalah sebuah Dialog, di dalamnya ada aktifitas berbagi dan bertukar informasi  dalam rangka untuk   memastikan pihak yang berkonsultasi agar mengetahui lebih dalam tentang suatu tema. Oleh karenanya konsultasi adalah sesuatu yang edukatif dan inklusif.
Konsultasi adalah sebuah Proses. Konsultasi adalah sebuah proses yang iterative dan berjalan.
Konsultasi adalah sebuah Dialog antar manusia. Konsultasi dapat melibatkan individu- individu dalam suatu   komunitas, kelompok social dan stakeholder, yang merefleksikan komposisi dari populasi dan organisasi dari suatu area. Oleh karenanya konsultasi adalah partispasi.
Konsultasi adalah tentang Aksi dan Hasil. Konsultasi harus dapat memastikan bahwa pandangan yang dikonsultasikan mengarahkan kepada sebuah pengambilan keputusan. Oleh karenanya konsultasi adalah tentang aksi dan berorientasi kepada hasil.

Konsultasi NurSyifa'. Konsultasi Psikologi atau yang biasa disebut Konseling adalah suatu proses interaksi antara pihak yang membutuhkan bantuan (disebut konseli / klien) dengan pihak yang mendapat keterampilan khusus memberi bantuan (disebut konselor / helper) dalam suatu hubungan yang formal dan profesional.

Adapun faktor pendorong terjadinya Proses Konseling adalah :
Pada diri individu, yaitu adanya masa-masa kritis dalam setiap masa perkembangan individu, terutama masa remaja.
Pada kondisi diluar individu, misalnya perkembangan teknologi, nilai-nilai demokratis, nilai humanis versus pragmatis, nilai etika pergaulan, kondisi struktural dalam pendidikan dan kerja, transmigrasi dan urbanisasi, hubungan keluarga dalam arti fisik dan psikis

Konsultasi NurSyifa'. Sedangkan Tugas Konselor adalah mencari alternatif-alternatif yang dapat membantu pasien dalam upaya meninggalkan pola lama, memfasilitasi proses pengambilan keputusan dan mendapatkansolusi masalah yang lebih tepat. 

Konseling akan berlangsung dalam sesi-sesi sebagai berikut :
a. Memulai mendefinisikan masalah.
b. Melanjutkannya dengan mencari alternatif.
c. Mengambil keputusan terhadap pilihan satu alternatif pemecahan masalah dan mengaplikasikan pilihan tersebut.

Seorang konselor harus tetap bersikap profesional dalam situasi apapun dan dengan siapapun. Seorang konselor tidak diperkenankan memberikan sugesti-sugesti tertentu yang dapat mempengaruhi pola pikir, tingkah laku, dan persepsi secara terpaksa. Ataupun membuat pasien semakin terancam secara psikis. 

Konselor harus dapat membuat pasien merasa nyaman berkonsultasi pada konselor tersebut, karena tujuan utama dilakukannya konseling pada pasien adalah untuk mempengaruhi perubahan tingkah laku secara sadar, memudahkan perubahan tingkah laku melalui interview, mendengarkan dengan penuh perhatian, membantu orang lain untuk pemahaman diri, pembuatan keputusan / pemecahan masalah, sehingga pasien tidak melakukan perbuatan-perbuatan yang dapat merusak diri ataupun merugikan orang lain.

Konsultasi NurSyifa'. Proses Konsultasi itu sendiri meliputi :
Provision, adalah konsultan memberikan pelayanan langsung kepada konsultee yang tidak memiliki  waktu ataupun keterampilan dalam menyelesaikan masalahnya. Disini konsultaan memberikan solusi dan konsultee bebas menentukan cara menyelesaikan masalahnya.
Prescription, adalah konsultan memberikan nasehat dan tidak ikut turut dalam membantu proses penyelesaian masalah yang sedang dihadapi oleh konsultee.
Mediation, adalah konsultan berperan sebagai mediator dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh konsultee.
Collaboration, adalah konsultan bersama dengan konsultee menyelesaikan masalah yang dihadapi. 

Konsultasi NurSyifa'. Sedangkan pengertian Kejiwaan biasanya bersangkutan dengan suatu ilmu yaitu psikologi, karena pengertian psikologi itu sendiri terdiri dari psy yang artinya jiwa; roh, dan logos yang berarti ilmu yang secara singkat dikatan sebagai ilmu jiwa. Kejiwaan menurut kamus besar adalah kebatinan atau kerohanian.  

Konsultasi dengan Reno Wilopo untuk me-Revolusi Potensi Diri Anda


Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Konsultan
http://www.suyotohospital.com/index.php?option=com_content&view=article&id=6:konsultasi-psikologi-konseling&catid=3:artikel&Itemid=2
http://www.anneahira.com/pengertian-kejiwaan.htm
http://rezamiyamoto.blogspot.com/2009/11/konsultasi-online.html
http://www.indoeducation.com/2012/10/pengertian-konsultasi-dan-proses.html
http://www.kamusbesar.com/
-------------------------------------------------------
Kalaupun anda sedang dilanda Permasalahan dan Bermasalah (Pusing, Bingung, Stres, Cemas, Takut, Was-was, Gelisah, Galau, Emosi Tinggi, Mudah Marah, Sensitif, Sedih, dll). 
Maka segeralah Konsultasikan Masalah tersebut agar jangan sampai Bertambah Parah bahkan Kronis yang tentunya sangat Tidak di Harapkan dan dapat Menghancurkan Masa Depan serta Kehidupan anda.
Konsultasikan Segala Permasalahan anda segera dengan mas Reno Wilopo 08561236269 (Biaya Konsultasi  + Terapi + Solusi + Pelatihan utk Memampukan Diri selama 1-2 jam,  mulai dari Rp. 500.000,-  Dengan Perjanjian waktu terlebih dahulu).
Mau AURA anda menjadi Lebih Baik Lebih Bercahaya, Mau Kehidupan anda menjadi Lebih Baik Lebih Berlimpah Rejeki….Mari Ikuti Program Buka Aura Nur Ilahi
Lihat Juga Program Manajemen Diri NurSyifa'(LebihSingkat dan Pastinya Bermanfaat)

No comments: